Cara Ngisi Ujian Yang GA BANGET

Tuesday, March 11, 2014


Denger-denger lagi pada ujian yak? Pantes aja tadi pas gua berangkat, udah pada bergelimpangan aja para siswa-siswi (caelah) di jalan. Ada yang lagi pelukan di motor, ada yang lagi bengong nunggu angkot, ada juga yang lagi nyedot es mambo. Gua kirain sekolahnya udah bangkrut, ternyata pada ujian, pantes aja jam makan siang udah pada bubar.

Ngomongin ujian, pasti gak lepas dari soalnya yang bikin mules. Salah satu soal yang bikin gua sempet mules adalah pas jaman SPMB. Gua waktu itu ambil jurusan IPA, jadi gua bisa ngerasain indahnya ngerjain soal Matematika, Fisika, Biologi, Kimia, Matematika IPA, sampe IPA Terpadu. Keliatannya mah kayak orang pinter, tapi akibat dari soal-soal ini, gua harus menempuh diare selama dua hari sepertiga malam.

Gua kira mumet sampe diare tuh bohong, ternyata semua fakta adanya.

Tapi kita tetep bersyukur, berkat soal-soal inilah otak kita diasah. Kita jadi bisa membuka pikiran kita sama hal-hal baru, dari yang kita gak tau sampe terpaksa harus tau. Dalam arti lain kita juga terpacu buat jadi kreatif.

Saking kreatifnya, sampe suka kelewat batas. Soal-soal pun dijawab dengan berbagai cara. Dari yang bener, sampe yang nggak banget, seperti...

1. Pola Pilihan Ganda

Beberapa ujian didesain dengan jawaban berupa pilihan ganda. Ini sangat menguntungkan pihak siswa karena mereka tinggal milih doang, jadi senggaknya kalo nggak ngerti sama sekali bisa lah milih-milih salah satu pilihannya. Beda sama soal essay, biasanya jadinya... ah ntar aja bahasnya di nomer selanjutnya.

Balik ke soal PG, ada kebiasaan aneh di beberapa siswa. Mungkin termasuk kamu juga. Jadi dia jawabin dulu yang dia ngerti dan yakin jawabannya. Nah, nanti sisanya ngikutin aja ‘pola’ dari yang udah dia jawab. Semakin rapi polanya semakin dirasa bener. Yah, biasa diangkat kertasnya, diterawang, bagus gak formasi jawabannya. Kadang bisa jadi bentuk kapal, bentuk gunung-gunungan, sampe motif batik juga bisa. Kayak gini…


Bener? Iya lah...

2. Rumus
Buat ujian Fisika, Kimia, Statistik, dan lainnya, nulis rumus udah jadi hal yang wajib. Saking wajibnya, sampe ada yang nulis rumusnya... aja! Karena dia apal banget rumusnya. Kalo urusan ngerjain, nanti dulu. Yang penting rumus aja dulu.

Jadilah doi tulis rumus sekeren-kerennya, kalo perlu ditulis juga orang pencipta rumusnya. Biar si guru nganggep kamu ‘lumayan apal.’ Walaupun kenyataannya, ngerjainnya mah nggak bisa.

Fenomena ini terjadi karena biasanya kalau jawab sampe rumusnya aja, tetep dapet nilai.

3. Curhat
Pas semester 1 kemaren (8 tahun lalu), gua lagi ada di sebuah ruangan yang dinginnya kayak di Jepang. Anggep aja dingin banget. Gua sedang dihadapkan sama ujian praktik. Denger-denger sih gampang. Toh pas gua SMA juga nilai praktik komputer gua sih oke-oke aja.

Pas soalnya dikasih, dunia berubah. Cinta gak ada, Rangga sedih. Dia kawin sama cowok lain. Soalnya susah banget coi! Boro-boro ada yang gua inget, perasaan diajarin juga beloman. Kenapa ini bisa keluar di ujian?!!

Di tengah kesengsaraan gua, gua ngelirik kanan-kiri. Gua liat dong temen gua di sebelah, kok dia sante banget. Ngetik lancar banget kayak lagi ngopi skripsi orang.

Pas ujian udahan, gua samperin dah. “Tur! (Namanya Tur, lengkapnya Tur Guide), kok tadi lu lancar banget sih, bukannya susah banget ya?”

“Hooh! Susah, makanya gua curhat aja tadi, daripada gua kosongin…”

“Oh…”

4. Minta Maap
Biasanya yang nomer terakhir ini bakalan keluar kalo otak udah mampet banget. Deretan kata permohonan maaf pun keluar. Contohnya seperti ini…

“Maaf bu (nama guru), saya udah berusaha untuk ngerjain sebaik-baiknya. Tapi apa mau dikata, gak ada yang teringat di dalam pikiran saya. Kecuali, kecantikan ibu guru di pagi hari yang membuat hari ini terasa indah dibanding hari-hari sebelumnya. Ibu guru yang termanis, ijinkanlah kiranya nilai yang cukup engkau haturkan di kertas lusuhku ini. Tertanda, (nama siswa).”

Kertas ujian dikumpulin, dan tiga hari kemudian, dia mendapatkan jawabannya. Diskors tiga hari.

Punya cerita yang lebih nggak banget daripada yang di atas? Coba sini ceritain! Ditunggu loh, mumpung masih anget nih masa ujiannya...!

nyunyu.com

1 comments:

  1. Ayo Dukung Team Anda Bersama Kami di www(dot)updatebetting(dot)co
    depo/wd hanya 50rb saja

    ReplyDelete