4 Fakta SALAH tentang HACKER

Tuesday, March 11, 2014


Gua bukan hacker, sekedar sering baca-baca aja, ngobrol-ngobrol, riset-riset, dan kenal samahacker-hacker (atau yang ngaku-ngaku hacker). Gua nggak menjamin semua yang gua tulis ini benar. Dan tulisan ini adalah opini dan saduran. Jangan serius-serius. Kalo serius, kita langsung aja ke penghulu.

Dan kali ini gua akan ngebahas mengenai apa-apa aja sih hal-hal yang dibuat Hollywood masuk ke ranah mitos mengenai hacking?

1. Mainframe = All Access
Pernah nonton film Skyfall, Swordfish, Live Free or Die Hard, Golden Eye, ataupun berbagai film lainnya yang berhubungan dengan kegiatan hacking? Gua lebih suka pake kata hacking dancracking dibanding meretas. Emangnya telor kali meretas.

Jadi, di semua film itu, pokonya ada karakter yang ngetiknya ngibrit banget, cetak cetuk klak klik klak klik, sibuk. Pokonya kite dibikin kalo ngeliat mereka itu kaya penyihir bersenjatakankeyboard.

Dan nggak ada kata yang paling sering disebut di adegan itu, yaitu mainframe.


Apa juga mainframe. Pokonya asal konek ke jaringan, si hacker bisa masuk ke mainframe dan narik semua data yang dia cari. Itu dusta, wahai pemirsa.

Kalo emang peduli sama keamanan data, data-data itu nggak akan ditaro di jaringan terbuka seperti internet. Sama aja kayak elu bawa­ surat tanah dan BPKB ke mana-mana. Bad mistake.

2. Hacking = Illegal
Kalo orang awam denger kata hacker, konotasinya pasti langsung negatip. Soalnya udah selalu kepatri dalam ingatan, kalimat-kalimat seperti: "Ah pesbuk gua di-hack!" "Akun game onlen gua di-hack, gold gua abissss," dan semacamnya dengan varian yang mirip-mirip. Intinya hack = tindakan kriminal. Sama aja kayak mencuri. Padahal nggak begitu.

Berdasarkan kategori yang mereka pegang, ada yang disebut dengan White Hat dan Black Hat Hacker. Kenapa white dan black hat bukannya pake magic? karena kalo menurut band Lyla,magic itu semua yang kaulakukan.

Anyway, saking seriusnya dunia hacking-hacking-an ini, banyak di antara mereka yang kemudian menjadikan aktivitas ini sebagai mata pencaharian. White Hat mencari celah keamanan dalam sebuah jaringan/internet/website atau apa pun itu, dan kemudian memprosesnya untuk ditambal. Kebalikannya, Black Hat mencari celah yang sama, kemudian mengeksploitasinya. Paling bagus kalo data-data itu adalah data yang bisa jadi duit. Seperti informasi kartu kredit, data pribadi, Bit Coin, dan lainnya.

3. Hacker = Orang Culun/Aneh/Anti-Sosial
Seperti yang Renaldy pernah tulis di artikel ini, stigma yang terjadi adalah anak IT itu banyak yang surem hidupnya. Padahal aslinya, para White Hat Hacker itu ya penampilannya seperti orang kantoran biasa, kerja di kantor, dan punya kehidupan sosial.


Contoh Jim Geovedi, selain kerja jadi konsultan sekuriti, beliau juga DJ dan produser musik. Kalo mengenai culun, aneh, dan jomblo, itu mah masing-masing orangnya aja, di setiap pekerjaan ada kok yang kayak gitu, bukan cuma hacker.

4. Hacking Proccess = Scary and Sophisticated
Dari contoh-contoh film yang gua sebutin di poin nomer 1, kalo di film itu para hacker pasti dipersenjatai dengan monitor yang banyak, dan dengan tampilan user interface yang rumit lah pokoknya. Belom lagi kecepatan mereka ngetik, ngebut banget kayak nggak usah lihat lagi, kurang lebih secepet jemari elu mengetik kata "Wkwkwkwk" deh.

N666ERI

Padahal, sejauh yang gua tau, proses hacking tuh ga seperti itu. Untuk nge-hack password lebih banyak menggunakan metode social engineering, yaitu menebak-nebak password berdasarkan semua hal yang dekat dengan elu. Seperti tanggal-tanggal istimewa, nama orang terdekat, atau frase yang berhubungan dengan hal-hal yang elu suka.

Adalagi yang menggunakan metude brute force attack, yaitu membiarkan komputer memasukkan kombinasi karakter-karakter. Yang kerja ya komputer. Paling sekali dua kali set, terus ditinggal deh. Nggak ada tuh yang pake klak klik klak klik ribet.

Selain itu, ada juga varian-varian lain seperti dictionary/brute force hybrid, yaitu dengan mencoba memasukkan kalimat-kalimat dan kombinasi dari kata-kata di kamus. Bayangin, bisa berjuta-juta kombinasinya. Dan Itu nggak makan waktu sebentar. Masih banyak lagi metode lainnya dan nggak ada satupun yang mirip kayak yang elu nonton di film.

seperti ini

atau ini

yah bosen yah tampilan aslinya?

Sip, demikian mitos-mitos tentang hacker yang dihadirkan para sineas, demi dramaturgi yang okeh dan alur cerita yang menegangkan.

Poin-poin mana aja yang kalian kira bener tapi ternyata salah? Mari mari kita bahas sama-sama.

NYUNYU.COM

1 comments:

  1. Ayo Dukung Team Anda Bersama Kami di www(dot)updatebetting(dot)co
    depo/wd hanya 50rb saja

    ReplyDelete